1. Definisi
Perilaku Konsumen !
Jwb.
Perilaku Konsumen adalah proses dan
aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan
keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian.
2. Definisi
Perilaku Produsen !
Jwb.
Perilaku Produsen adalah kegiatan
pengaturan produksi sehingga produk yang dihasilkan bermutu tinggi sehingga
bisa diterima di masyarakat.
3. Ruang
lingkup ekonomi antara produsen dan konsumen !
Jwb.
Ruang lingkup ekonomi mikro adalah
produsen dan konsumen. Tradisi berlandaskan teori Adam Smith. Produsen dan
konsumen dalam dunia ekonomi yang nyata adalah individu-individu pada rumah
tangga keluarga, masyarakat, atau perusahaan
4. Masalah
market price !
Jwb.
Steam Community Market semalam mengalami bug
di bagian konversi mata uang, dan yang menjadi “korbannya” adalah konversi mata
uang Rupiah ke Dollar Amerika Serikat dan sebaliknya saja. Bug ini membuat
konversi Dollar ke Rupiah menjadi 1:1 alias US $1 adalah sama dengan Rp 1!
Padahal, di kenyataan nilai tukar Rupiah kita terhadap Dollar mencapai Rp
13.000 per Dollar.
Tentu saja bug konversi ini membuat
kacau semua harga di Steam Community Market. Bagi pengguna Steam di Indonesia
mungkin bisa dibilang terkena “durian runtuh” saat beberapa harga item di Steam
turun drastis di bawah Rp 100 per item-nya. Ya, karena bug konversi harga ini,
harga item yang awalnya berharga ratusan ribu rupiah (mengikuti harga puluhan
Dollar) menjadi sama dengan harga Dollar-nya, jadi hanya seharga puluhan rupiah
saja!
Namun hal sebaliknya dialami oleh para
pengguna Steam di Amerika Serikat (atau di negara manapun yang masih
menggunakan mata uang Dollar AS di Steam) dimana harga-harga item melambung
sangat tinggi hingga di jutaan Dollar! Contohnya adalah senjata di CS: GO yang
awalnya hanya berharga US $250, namun karena mengikuti harga Rupiah (sekitar Rp
3.5 juta), alhasil harganya pun ikut menjadi US $3.5 juta!
Untungnya, Valve pun bergerak cepat dengan
menghentikan semua aktivitas transaksi di Steam Community Market hanya
beberapa saat setelah kekacauan ini terjadi. Dan pagi tadi (2 Mei 2015), Valve
menuliskan permintaan maafnya atas kekacauan ini, dan berjanji mengembalikan
semua aktifitas transaksi yang sudah terjadi. Berikut ini adalah kutipan
pernyataan resmi dari Valve yang muncul di halaman Steam Community Market
sejak pagi tadi WIB.
5. Jelaskan
masalah :
a. Pasar
uang
b. Pasar
barang
Jwb.
a. Pasar
uang adalah keseluruhan permintaan dan penawaran dana-dana atau surat-surat
berharga yang mempunyai jangka waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun dan
dapat disalurkan melalui lembaga-lembaga perbankan. Pasar uang sering disebut
juga pasar kredit jangka pendek.
Kesemibangan
pasar uang-modal tercapai bila permintaan uang (L) telah sama dengan penawaran
(M) L=M
Kurva
LM menunjukkan kombinasi tingkat bunga dan tingkat pendapatan yang konsisten
dengan keseimbangan uang riil.
Kurva
LM menggambarkan hubungan diantara tingkat pendapatan dan tingkat bunga,
semakin tinggi tingkat pendapatan semakin tinggi permintaan terhadap
keseimbangan uang riil, dan semakin tinggi tingkat bunga keseimbangan.
b. Pasar
barang adalah pasar dimana semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu
negara dan dalam jangka waktu tertentu.
Permintaan
dalam pasar barang merupakan agregasi dari semua permintaan akan barang dan
jasa di dalam negeri, sementara yang menjadi penawarannya adalah semua barang
dan jasa yang diproduksi dalam negeri.
Keseimbangan
pasar barang tercapai bila penawaran barang dan jasa telah sama dengan
permintaannya. Total produksi sama dengan total pengeluaran.
6. Mekanisme
pasar !
Jwb.
Mekanisme pasar adalah suatu proses
penentuan tingkat harga berdasarkan dari kekuatan permintaan dan penawaran.
Kecenderungan dalam pasar bebas
untuk terjadinya perubahan dari harga hingga pasar menjadi seimbang (jumlah
penawaran sama dengan jumlah permintaan)
NAMA : WENY WIDIAWATI
KELAS : 3EA33
NPM :19213248
MATA KULIAH : PERILAKU KONSUMEN
FAKULTAS
EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS
GUNADARMA
TAHUN 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar